PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasy Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V di SDN 2 Sukamaju)

HENDARIAH RAHMA ALIA, 215060151 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasy Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V di SDN 2 Sukamaju). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (271kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (505kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (243kB)
[img] Text
10. RINGKESAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks prosedur peserta didik di SDN 2 Sukamaju, serta dalam proses pembelajaran perlunya inovasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media flipbook untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur peserta didik di SDN 2 Sukamaju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperimen dengan desain none quivalent control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari 24 peserta didik kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Data terkumpul dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Gambaran proses pembelajaran menunjukan bahwa pembelajaran berlangsung secara tertib dan terstruktur. Peneliti menyusun perangkat pembelajaran berupa modul ajar, lembar observasi, serta instrumen tes menulis teks prosedur. Selama proses pembelajaran berlangsung, peserta didik menunjukkan ketertarikan dan partisipasi aktif dalam mengikuti setiap tahapan kegiatan. Mereka mampu menggali informasi, berdiskusi, dan menyusun langkah-langkah penulisan prosedur dengan lebih terarah. Hasil penelitian mengindikasikan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hal ini dibuktikan melalui uji statistik analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Ujit menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 72,23% termasuk dalam kategori sedang dan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 60,91%. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media flipbook untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur peserta didik kelas V SDN 2 Sukamaju. Kata Kunci: media discovery learning, media flipbook, keterampilan menulis teks prosedur, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:26
Last Modified: 22 Sep 2025 08:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78490

Actions (login required)

View Item View Item