Shofaliani Nadilla, 215060040 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D GEOMETRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik kelas V SDN 138 Gegerkalong Girang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Software Cabri 3D Geometri dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, perbedaan rata-rata kemampuan representasi matematis peserta didik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Software Cabri 3D Geometri dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Software Cabri 3D Geometri dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Software Cabri 3D Geometri dan model pembelajaran yang efektif sesuai dengan sintaks. Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan representasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Software Cabri 3D Geometri dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Software Cabri 3D Geometri sebesar 0,6113 dalam uji gain termasuk kategori sedang. Terdapat pengaruh model model Problem Based Learning berbantuan Software Cabri 3D Geometri sebesar 0,964 dalam uji effect size dengan kategori tinggi.Kata kunci: PBL, Software Cabri 3D, Kemampuan Representasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 09:14 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 09:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |