Resita Ayu, 215030019 (2025) PENERAPAN MODEL PORPE BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PLOTAGON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERORIENTASI PADA BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 35 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari dari pemilihan model dan media yang kurang kreatif dan inovatif pada pembelajaran menulis teks cerita fantasi sehingga peserta didik merasa bosan dan sulit dalam kegiatan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan model porpe berbantuan media animasi plotagon pada peserta didik kelas VII SMPN 35 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quansi eksperimen dan desain true eksperimental pretest-posttest control grup design, dan subjek penelitian terdiri dari 2 kelas. Hasil penelitian menunjukan 1) penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis teks cerita fantasi, dibuktikan skor yang diperoleh sebesar 3,63 dan 3,55 dengan kategori sangat baik, 2) kemampuan peserta didik setelah mendapatkan perlakuan sudah mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan total rata-rata yang diperoleh sebesar 89,02. 3) perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan menggunakan model porpe berbantuan media animasi plotagon mengalami peningkatan yang signifikan dengan dibuktikan hasil uji wilcoxon menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05. 4) model porpe berbantuan media animasi plotagon efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan dibuktikan pemerolehan nilai uji maan whitney menunjukan nilai Asymp. Sig (2 tailed) yakni 0,00, < 0,05. yang artinya model porpe berbantuan media animasi plotagon lebih efektif digunakan dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata kunci: Pembelajaran menulis teks cerita fantasi, model porpe, media pembelajaran plotagon.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |