PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MULTIPLY CARDS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

SUGANDI NADIA SYIFA NUR SALSABILA, 215060131 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MULTIPLY CARDS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (183kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (641kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (266kB)
[img] Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (404kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan Multiply Cards terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah dasar kelas V SDN 033 Asmi Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe quasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 033 Asmi Bandung sebanyak 315 siswa, sampel yang diambil dengan teknik sampling jenuh, terdiri dari dua kelas V C sebagai kelompok eksperimen dan V D sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah pretest dan posttest sebanyak 5 soal, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa di kelas V SDN 033 Asmi Bandung yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Multiply Cards dengan siswa sekolah dasar yang menggunakan model pembelajaran konvensional terlihat dari hasil posttest. Kata Kunci: Media Multiply Cards, Model Teams Games Tournament, Pemahaman Matematis, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Jul 2025 09:22
Last Modified: 14 Jul 2025 09:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77053

Actions (login required)

View Item View Item