Nisa Melvi Khoerun, 215060051 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI Quizizz TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Ekperimen Pada Peserta didik Kelas III SDN 162 Warung Jambu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
2. PENGESHAN DAN PENGUJI.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III di SDN 162 Warung Jambu pada tahun ajaran 2024/2025. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada guru di kelas kontrol, sehingga peserta didik kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan media interaktif Quizizz guna meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas III B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Quizizz, dan kelas III C sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru, masing-masing terdiri dari 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 61 meningkat menjadi 85,5 pada posttest. Sementara itu, pada kelas kontrol, nilai rata-rata hanya meningkat dari 44,75 menjadi 55,75. Hasil uji independent samples t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelas, dan nilai effect size sebesar 2,96 menunjukkan pengaruh dalam kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Problem Based Learnig, Quizizz, Hasil Belajar, SDN 162 Warung Jambu
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2005 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 09:03 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 09:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |