PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

SUSILAWATI,SUSI, 215060076 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (246kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (206kB)
[img] Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (472kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar matematis peserta didik kelas II yang masih rendah, sehingga pencapaian hasil belajar matematis peserta didik masih banyak yang belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk memahami proses pembelajaran, menganalisis, dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan wordwall terhadap hasil belajar matematis peserta didik. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ditujukan kepada peserta didik kelas II di SDN 020 Lengkong Besar Kota Bandung. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SDN 020 Lengkong Besar yang berjumlah 84 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas II B yang berjumlah 28 orang dan II C berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26.0. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, hasil belajar matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan wordwall lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Hasil belajar matematis peserta didik dari hasil uji effect size yaitu sebesar 0,747 dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan wordwall dapat memiliki dampak yang positif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, model pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematis, Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), Wordwall, Peserta Didik Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:18
Last Modified: 11 Jul 2025 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77039

Actions (login required)

View Item View Item