ANNISA SYIFA, 215060087 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNINGBERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPAS PESERTA DIDIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif IPAS peserta didik di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan media Smart Box terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAS Peserta Didik di Kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu quasi experimental design. Teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian yang digunakan adalah kelas V. Kegiatan proses pembelajaran dengan Model Project Based Learning Berbantuan Media Smart Box meniadi model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik secara efektif di Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dengan rata-rata 60.18 > nilai rata-rata pretest kelas kontrol dengan rata-rata 52.18. setelah diberikan perlakukan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83.94 > nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75.71. Dari data tersebut bahwa menunjukkan peningkatan skor rata-rata posttest pada kelas eksperimen > rata-rata posttest kelas kontrol. Peneliti menggunakan uji Independent Sample T-test untuk melihat pengaruhnya. Hasil uji Independent Sample T-test yaitu 0.002 < 0.05 dan hasil pada uji effect size memperoleh nilai sebesar 1.136 yang berkategori besar, artinya terdapat pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAS peserta didik, sesuai dengan pengambilan keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat pengaruh signifikan dan berpengaruh besar terhadap model Project Based Learning Berbantuan Media Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPAS Peserta Didik di kelas V Sekolah Dasar. Selain itu, ditemukan kendala teknis yang dihadapi yaitu keterbatasan fasilitas yang disediakan oleh Sekolah dan kendala karakteristik peserta didik. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Media Smart Box dan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:02 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |