PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

JOHARI ZAHRA AIKO FAUZZIAH, 205060213 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (173kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (161kB)
[img] Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (433kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning/PBL) yang didukung oleh media Canva terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol dan eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas V di SDN 295 Griya Bumi Antapani. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemecahan masalah sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil perhitungan yang di peroleh oleh penulis diketahui Post-test Kontrol dengan Eksperimen adalah 77,26739 bahwa nilai Cohen’s effect size ini termasuk pada 0,50 < ES < 0,80 interpretation Moderate, jadi bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh serta perhitungan dengan menggunakan uji Mann Whitney pada hasil post-test kelas kontrol dan kelas eksperiman kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di peroleh nilai Asymp. Sig 0,59 < 0,05 yang menunjukan bahwa hasil post-test memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh dan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan problem based learning berbantuan Canva dengan kelompok kontrol. Siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih baik dalam kemampuan pemecahan masalah matematis dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model problem based learning berbantuan Canva efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning, Canva, kemampuan pemecahan masalah, matematika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Jun 2025 01:57
Last Modified: 11 Jun 2025 01:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76836

Actions (login required)

View Item View Item