SATYAGRAHA MUHAMAD HAMMAN, 20501009 (2025) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI ALAT KAMPANYE PARTAI POLITIK (Studi Kasus Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
7. RINGKESAN.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Efektivitas Media Sosial TikTok Sebagai Alat Kampanye Partai Politik (Studi Kasus Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peran media sosial TikTok sebagai alat kampanye politik di Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka. Dengan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan yaitu studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu pihak-pihak terkait yang ada di Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konten kampanye partai politik guna mendapatkan atensi masyarakat dalam upaya memenangkan kontestasi pemilihan umum adalah cara partai politik memanfaatkan media sosial seperti TikTok dalam menyampaikan informasi terkait visi, misi, dan program kerja para kadernya melalui konten seperti video pendek, podcast, dan rekaman sosialisasi yang dikemas secara kreatif agar lebih menarik dan mudah dicerna; (2) Media sosial TikTok memiliki peran dan fungsi sebagai alat untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja secara digital serta hal ini juga memungkinkan pesan tersampaikan secara cepat dan efisien berkat fitur seperti For You Page (FYP); (3) Efektivitas media sosial TikTok sebagai alat kampanye partai politik merupakan suatu penilaian terhadap media sosial TikTok itu sendiri terkait seberapa penting dan berdampak kah media digital dalam upaya memenangkan calon politisi (dalam hal ini kader partai politik) dalam kontestasi pemilihan umum, khususnya di Kabupaten Majalengka. Kata Kunci: Efektivitas, Media Sosial TikTok, Kampanye Politik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:28 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |