Putri Rafa Nadira, 205030045 (2025) PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SEF) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR INSTRINSIK TEKS CERPEN PADA KELAS 11 SMA PASUNDAN 7 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (263kB) | Preview |
|
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan peserta didik pada kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks cerpen dan juga rendahnya kemampuan membaca pada teks cerpen. Faktor yang menyebabkan hal ini yaitu kurangnya penggunakan metode dan media media pebelajaran yang inovatif oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis unsur intrinsik teks cerpen menggunakan metode student facilitator and explaining berbantuan media mind mapping pada peserta didik kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung serta untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik teks cerpen struktur menggunakan metode student facilitator and explaining berbantuan media mind mapping dan kelas kontrol menggunakan metode Role Playing tanpa menggunakan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi dengan rancangan tes awal dan tes akhir serta kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan meliputi data Prates dan pascates dari peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang merupakan peserta didik kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik teks cerpen dengan menggunakan metode student facilitator and explaining berbantuan media mindmapping pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan metode roleplaying tanpa menggunakan media. Terdapat peningkatan rata-rata Prates dari nilai 62,92 menjadi 90,83 pada pascates di kelas eksperimen. Dan prates kelas kontrol 57,76 menjadi 80,54 pada kelas kontrol. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pascates kelas eksperimen sebesar 90,83 sedangkan kelas kontrol 80,54 Kata Kunci : Metode student facilitator and explaining , mind mapping, Pembelajaran menganalisis unsur intrinsik teks cerpen.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 07:51 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |