FAUZIAH ALVINA NUR, 195060134 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 163 BUAH BATU BARU (Penelitian Quasi Experiment Pada Siswa Kelas III SDN 163 Buah Batu Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
3. PENGUJI.pdf Download (617kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar yang dimiliki oleh peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Desain Penelitian yang digunakan pretest dan posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 163 Buah Batu Baru, sampel penelitiannya yaitu peserta didik kelas III-A dan III- B SDN 163 Buah Batu Baru yang masing-masing berjumlah 20 orang. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil dari uji hipotesis diperoleh Sig. (2- tailed) sebesar 0,004 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model problem based learning dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional; Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang menggunakan model problem based learning dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional, hal ini dapat diketahui melalui nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 63,8, dan rata-rata posttest sebesar 90. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 61,1, dan rata-rata posttest sebesar 80,4; Berdasarkan hasil effect size, penggunaan model problem based learning memiliki pengaruh sebesar 1,08 terhadap keterampilan menyimak peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem based learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di kelas III SDN 163 Buah Batu Baru. Kata Kunci: hasil belajar, model problem based learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 07:39 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 07:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74721 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |