PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Exsperimen di Kelas IV SDN 227 Margahayu Utara)

PURWANDINI SUCI SUKMA, 205060047 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Exsperimen di Kelas IV SDN 227 Margahayu Utara). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pengesahan Penguji.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab II.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
12. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (261kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa di SDN 227 Margahayu Utara tahun ajaran 2023/2024. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS siswa di SDN 227 Margahayu Utara dikarenakan siswa menganggap pembelajaran IPAS merupakan pelajaran yang membosankan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian nonquivalent control group design. Penelitia ini ditujukkan kepada siswa kelas IV di SDN 227 Margahayu Utara tahun ajaran 2023/2024. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 56 orang siswa dengan jumlah 28 siswa pada kelas IV-C dan 28 siswa pada kelas IV-D. sampel penelitian yang diambil yaitu dengan teknik sampel jenuh dengan diambil dua kelas yaitu kelas IV-C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-D sebagai Kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Data dianalisis dengan menghitung uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan gambaran proses pembelajaran sesuai dengan media audio visual, peningkatan hasil belajar IPAS yang menggunakan media audio visual lebih tinggi dibanding menggunakan pemebelajaran konvensional. Serta berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata dikelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: IPAS, hasil belajar, media audio visual

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:20
Last Modified: 04 Oct 2024 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72059

Actions (login required)

View Item View Item