PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP DISIPLIN BELAJAR (Survey Pada Peserta Didik Kelas X IPS dan X IPA Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Pasundan 4 Bandung)

Erviyani Elsa, 205020063 (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP DISIPLIN BELAJAR (Survey Pada Peserta Didik Kelas X IPS dan X IPA Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Pasundan 4 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan self efficacy terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS dan X IPA di SMA Pasundan 4 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Hasil penelitian menunjukan : (i) motivasi belajar peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, dengan skor rata-rata sebesar 4,51, (ii) self efficacy peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, dengan skor rata-rata sebesar 4,46, (iii) disiplin belajar peserta didik termasuk dalam kategorisangat baik, dengan skor rata-rata sebesar 4,36, (iv) secara persial motivasi belajar memberikan pengaruh positif terhadap disiplin belajar dengan nilai signifikan 0,031, (v) secara persial self efficacy memberikan pengaruh positif terhadap disiplin belajar dengan nilai signifikan 0,000 (vi) terdapat pengaruh motivasi belajar dan self efficacy terhadap disiplin belajar yang termasuk dalam tingkat cukup kuat, dengan nilai R Square sebesar 47,7%. Hal ini menyimpulkan bahwa motivasi belajar dan selfefficacy yang tinggi memiliki pengaruh positif terhadap disiplin belajar. Peneliti menyampaikan saran bagi peserta didik yaitu lebih meningkatkan motivasi belajar dan self efficacy agar mendapatkan disiplin yang baik dalam belajar, saran bagi guru yaitu memperhatikan kembali dan membantu meningkatkan motivasi belajar dan self efficacy agar disiplin belajar berjalan dengan baik, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat meneliti pada bidang yang sama pada kelas yang berbeda juga di sekolah yang berbeda pula. Kata kunci : Motivasi Belajar, Self Efficacy, Disiplin Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:10
Last Modified: 04 Oct 2024 01:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71967

Actions (login required)

View Item View Item