PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA PELAJARAN IPS

NENDEN SITI NURAENI, 115060250 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN KEASLIAN, MOTO.docx

Download (45kB)
[img] Text
ABSTRAK, KATA PENGANTAR, UCAPAN TRIMAKASIH,.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
hal 1.docx

Download (14kB)
[img] Text
hal 2,,,,.docx

Download (36kB)
[img] Text
HAL 1.docx

Download (14kB)
[img] Text
hal 2.docx

Download (45kB)
[img] Text
HAL 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
HAL 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
hal 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
hal 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
hal 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
hal 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
DOKUMENTASI., RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas IV pada pembelajaran IPS materi Persebaran Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SDN H. Agus Salim Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan kondisi dimana kegiatan belajar mengajar berlangsung secara monoton dimana kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan tidak adanya model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Nilai sikap keaktifan siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,44. Sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 2,67. Sementara pada hasil penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh 44% persentase ketuntasan belajar sedangkan pada siklus II memperoleh 92% ketuntasan belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Kooperatif Tipe Jigsaw sangat menunjang terhadap peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat di kelas VI Sekolah Dasar. Dengan demikian model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Aug 2016 13:46
Last Modified: 01 Aug 2016 13:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7160

Actions (login required)

View Item View Item