PENERAPAN METODE KWL (KNOW WANT LEARN) BERBANTUAN MEDIA FISHBONE DIAGRAM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

DESVIANA LENA, 205030100 (2024) PENERAPAN METODE KWL (KNOW WANT LEARN) BERBANTUAN MEDIA FISHBONE DIAGRAM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. RINGKESAN.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang telah terjadi yaitu rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membaca teks eksposisi. Teks eksposisi berisikan ide pokok masalah, struktur teks eksposisi yaitu; pernyataan umum, argumentasi, dan penegasan ulang, kaidah kebahasaan yaitu; kata teknis, kata kerja mental, kata rujukan, kata persuasif, kata hubngan waktu, dan kata hubungan penyebaban. Berdasarkan hal tersebut, penulis membuat penelitian ini untuk menguji kemampuan peserta didik pada pembelajaran membaca teks eksposisinya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode KWL (Know Want Learn) berbantuan media fishbone diagram. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran membaca teks eksposisi 2) peserta didik kelas X Pasundan 2 Bandung mampu membaca teks eksposisi. 3) metode KWL (Know Want Learn) berbantuan media fishbone diagram efektif digunakan. Hal ini didukung dengan nilai ratarata pretest sebesar 46,33 dan posttest sebesar 74.45 dan berdasarkan perhitungan statistik dengan signifikasi sebesar 0,001 < 0,05. 4) terdapat perbedaan kemampuan membaca teks eksposisi dengan menggunakan metode KWL berbantuan media fishbone diagram di kelas eksperimen dengan peserta didik menggunakan metode diskusi di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode KWL berbantuan media fishbone diagram efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks eksposisi. Kata Kunci: fishbone diagram, membaca , metode KWL, pembelajaran, teks eksposisi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:29
Last Modified: 02 Oct 2024 08:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71120

Actions (login required)

View Item View Item