PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL

KURNIA MELINDA, 205050040 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (836kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap model discovery learning berbantuan wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui adanya korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan self-confidence siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design, sampel penelitian terdiri atas dua kelas. Kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model discovery learning berbantuan wordwall dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan instrument berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket self-confidence. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 23.0 for Windows 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-confidence siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan self-confidence pada model discovery learning berbantuan wordwall Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-confidence, Discovery Learning, Wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:59
Last Modified: 02 Oct 2024 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71067

Actions (login required)

View Item View Item