AINURMARSHAAL, ILDA FIRDAUSYA, 205030078 (2024) PENERAPAN MEDIA WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERAMAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 10 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (182kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat menulis. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan penerapan media Wordwall dalam pembelajaran menulis teks ceramah di kelas XI. Media Wordwall digunakan sebagai alat untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis teks ceramah, serta memperhatikan aspek struktur, kaidah bahasa, kreativitas, dan efektivitas dalam komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest untuk mengukur perbedaan kemampuan menulis peserta didik sebelum dan sesudah penerapan media Wordwall. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 40 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media Wordwall dan kelompok kontrol yang menggunakan media bagan. Hasil penelitian berdasarkan uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik menulis teks ceramah di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil nilai rata-rata pretest dan posttest di kelas eksperimen yaitu 48,10 menjadi 82,20. Sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelompok kontrol yaitu 51,30 menjadi 76,25. Hasil ini dibuktikan dari hasil sig uji Wilcoxon. Nilai sig dari uji tersebut adalah 0,001 < 0,005, yang menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa media Wordwall efektif digunakan untuk pembelajaran menulis teks ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran yang diterapkan memiliki hasil yang baik. Kata Kunci : Media wordwall, menulis,teks cerama
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 06:28 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 06:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70903 |
Actions (login required)
View Item |