ELLIANTY NOVYA NURFITRIANA, 115060004 (2016) PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (86kB) |
|
Text
daftar isi eli revisi.docx Download (43kB) |
|
Text
bab 1 oke.docx Download (41kB) |
|
Text
bab II .docx Download (69kB) |
|
Text
bab III ke I.docx Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
Text
bab IV .docx Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
bab V.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
dftar pustakan .docx Download (17kB) |
|
Text
riwayat hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang aktivitas belajar siswa dan rasa ingin tahu, di kerenakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan pendekatan yang tradisional artinya hanya terfokus kepada guru sementara siswa kurang di libatkan secara aktif, sehingga proses belajar mengajar menjadi monoton dan membosankan. Penelitian ini di tujukan pada penggunaan model Picture and picture yang bisa digunakan untuk memotivasi dan meningkatkan aktivitas serta rasa ingin tahu dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terutama pada materi stuktur pemerintahan desa, kelurahan dan kecamatan yang di harapkan dapat meningkatkan belajar secara signifikan, optimal dan terarah. Manfaat penelitian ini adalah agar dapat menambah ilmu pengetahuan dan di harapkan bermanfaat bagi guru, peserta didik, penulis dan lembaga yang terkait(instansi terkait). Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, subjek penelitian peserta didik yaitu kelas IV semester 1 SDN Cimanggu yang berjumlah 37 orang. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukan peningkatan secara signifikan perbandingan perbandingan hasil prestasi belajar pre test yang mencapai KKM siklus 1 yaitu 13,51% dan pada siswa siklus II meningakat menjadi 35,13%, hasil nilai rata-rata LKS siklus 1 yaitu 62,70 dan pada siklus II meningakat menjadi 68,10, serta hasil nilai rata-rata pada post test pada siklus I yaitu 67,29 dan siklus II yaitu 80,27. Berdasarkan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Picture and picture mampu mampu meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang hendak di sampaikan oleh peneliti yaitu guru di harapkan dapat mencoba menggunakan dan mengimplementasikan pembelajaran model tersebut. Kata kunci: Rasa ingin tahu, model Picture and picture, pelajaran PKN kelas IV
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 13:20 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 13:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7087 |
Actions (login required)
View Item |