PENERIMAAN SOSIAL LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD SWADAYA PAGARSIH KOTA BANDUNG

Ghufron, Salma (2024) PENERIMAAN SOSIAL LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD SWADAYA PAGARSIH KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Kata Pengantar_SalmaGhufron.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi_Salma Ghufron.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract Inggris_SalmaGhufron.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_SalmaGhufron.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi_SalmaGhufron.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_SalmaGhufron.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia_SalmaGhufron.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda_SalmaGhufron.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1_SalmaGhufron.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2_SalmaGhufron.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan sosial lingkungan sekolah di SD Swadaya Pagarsih Kota Bandung, untuk mengetahui hambatan dan upaya SD Swadaya dalam penanganan masalah penerimaan sosial anak berkebutuhan khusus, untuk mengetahui implikasi praktis dan teoritis tentang penerimaan sosial lingkungan sekolah terhadap anak berkebutuhan khusus di SD Swadaya Pagarsih Kota Bandung. Teknik Pengumpulan Data yang akan digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi kasus, studi kasus memeriksa dan menjelaskan secara mendalam tentang suatu kasus, yang mana dalam penelitian ini kasus adanya penerimaan sosial anak berkebutuhan khusus yang di latar belakangi oleh penyimpangan – penyimpangan diskriminasi terhadapa kondisi anak memiliki keterbatasan atau keluar biasaan yang berpengaruh pada proses pertumbuhan dan perkembangan, oleh karna nya adanya di butuhkan pendampingan dari pihak sekolah. Data penelitian ini di dapatkan melalui wawancara mendalam observasi non partisipan dan studi dokumen. Hasil penelitian ini adalah penerimaan sosial anak berkebutuhan khusus di SD Swadaya Pagarsih Kota Bandung, hambatan dan upaya SD Swadaya dalam penanganan masalah penerimaan sosial anak berkebutuhan khusus, implikasi praktis dan teoritis tentang penerimaan sosial anak berkebutuhan khusus. Aspek penerimaan sosial dengan sub tema pendahuluan yang di terima di akui keberadaan nya di beri tugas masing – masing dengan sama, di berikan hak yang sama dengan siswa lain, di perlakukan yang sama dalam memberikan pengajaran, di berikan khusus pendampingan oleh sekolah. Hambatan SD Swadaya dalam penerimaan sosial anak berkebutuhan khusus adalah karena pada dasarnya pihak sekolah tidak menerima spesipik dan tidak ada kriteria dalam penerimaan sosial maka memang sudah menerpakan memberikan pengajaran dan pendidikan yang layak dengan tidak ada diskriminasi. Implikasi praktis dan teoritis tentang penerimaan sosial anak berkebutuhan khusus menekankan pentingnya pendekatan inklusif dalam pendidikan, pelatihan guru yang memadai, dukungan konseling, perencanaan individual, kolaborasi dengan orang tua, penerapan teori inklusi, teori sosial, dan teori dukungan sosial. Kata Kunci : Penerimaan Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:55
Last Modified: 27 Sep 2024 01:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70700

Actions (login required)

View Item View Item