PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada siswa kelas IV di SDN Ciptawinaya)

Mayasari Diyan, 205060163 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada siswa kelas IV di SDN Ciptawinaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat permasalahan sekolah yang belum menerapkan pembelajaran yang inovatif, terkadang guru masih menggunakan cara belajar yang tradisional, hanya terpaku pada model tertentu. Hasil belajar siswa masih rendah terdapat faktor pada guru yang masih terpaku pada buku yang menyebabkan siswa kurang memahami konsep yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan seberapa besar pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di sekolah dasar antara kelas cooperative learning dan yang diberikan perlakuan model problem based learning pada pembelajaran IPAS kelas IV di sekolah dasar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini siswa kelas terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperiment dan desain penelitian yang digunakan ialah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes pre-test dan posttest dan lembar aktivitas observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan sebelum dan sesudah kelas yang diberikan perlakuan yaitu menggunakan model problem based learning. Pada nilai pre-test memperoleh rata-rata sebesar 48,27 sedangkan pada nilai posttest memperoleh rata-rata 84,58 hal ini terlihat uji independent t test menghasilkan nilai signifikasi dasebasar 0,001. Dari perhitungan effect size memperoleh nilai 1,85 (pengaruh tinggi) hal ini berarti model problem based learning memberikan pengaruh tinggi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN Ciptawinaya. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:12
Last Modified: 25 Sep 2024 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70584

Actions (login required)

View Item View Item