TAZKIYAH DIAN APRISYA, 205060081 (2024) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BERBANTUAN KARTU MATCHA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas IV SDN 270 Gentra Masekdas). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa masih terdapat rendahnya kemampuan berhitung peserta didik dalam pembelajaran matematika, kemudian guru yang hanya terpaku dengan buku pelajaran sebagai sumber utama dan tidak menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan pengaruh antara kelas kontrol dan eksperimen dengan perlakuan yang diberikan berbeda yaitu perlakuan khusus menggunakan model make a match berbantuan kartu matcha pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam pembelajaran matematika pada kelas IV Sekolah dasar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalaha peserta didik kelas IV SD Negeri 270 Gentra Masekdas yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV B sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes pretest posttest. Peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis berbantuan aplikasi IBM SPSS Versi 25.0. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa adanya peningkatan kemampuan berhitung yang memperoleh model make a match berbantuan kartu matcha lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional, kemudian terdapat pengaruh yang besar dalam model yang digunakan pada kelas eksperimen. Kata Kunci: Model Make A Match, Kemampuan Berhitung, Kartu Matha.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 01:28 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 01:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70545 |
Actions (login required)
View Item |