PENGARUH MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BERBANTUAN KARTU MATCHA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas IV SDN 270 Gentra Masekdas)

TAZKIYAH DIAN APRISYA, 205060081 (2024) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BERBANTUAN KARTU MATCHA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas IV SDN 270 Gentra Masekdas). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa masih terdapat rendahnya kemampuan berhitung peserta didik dalam pembelajaran matematika, kemudian guru yang hanya terpaku dengan buku pelajaran sebagai sumber utama dan tidak menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan pengaruh antara kelas kontrol dan eksperimen dengan perlakuan yang diberikan berbeda yaitu perlakuan khusus menggunakan model make a match berbantuan kartu matcha pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam pembelajaran matematika pada kelas IV Sekolah dasar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalaha peserta didik kelas IV SD Negeri 270 Gentra Masekdas yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV B sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes pretest posttest. Peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis berbantuan aplikasi IBM SPSS Versi 25.0. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa adanya peningkatan kemampuan berhitung yang memperoleh model make a match berbantuan kartu matcha lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional, kemudian terdapat pengaruh yang besar dalam model yang digunakan pada kelas eksperimen. Kata Kunci: Model Make A Match, Kemampuan Berhitung, Kartu Matha.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Sep 2024 01:28
Last Modified: 25 Sep 2024 01:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70545

Actions (login required)

View Item View Item