PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 4 KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TEKS PUISI BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL

Mainanda Willy, 205030075 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 4 KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TEKS PUISI BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Bahan ajar merupakan instrumen terpenting dalam proses pembelajaran, karena bahan ajar ini mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Pada kenyataanya banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami bahan ajar disekolah yang bersifat kompleks, dalam artian sebuah teks yang mengandung banyak konfigurasi leksikal dapat dikatakan bahwa teks tersebut dianggap sulit, artinya jumlah item leksikal dalam teks mempengaruhi tingkat kesulitan teks. Semakin banyak item leksikal, maka teks menjadi sulit dipahami oleh peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar bab 4 kelas XI dalam pembelajaran teks puisi berdasarkan indeks kepadatan leksikal. Indeks kepadatan leksikal bertujuan untuk mengurangi kepadatan item leksikal pada sebuah teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan dari hasil prates dan pascates yang telah dilakukan, bahwa peserta didik mendapatan nilai prates rata-rata sebesar 54,51 dan nilai pascates sebesar 82,25. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik lebih mudah memahami bahan ajar yang telah dikembangkan dibandingkan dengan bahan ajar orisinal. Dengan adanya rata-rata dari hasil prates dan postes menunjukkan bahwa nilai peserta didik mengalami kenaikan sebesar 28,04%. Kata kunci: Indeks Kepadatan Leksikal, Bahan Ajar, Teks Puisi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:42
Last Modified: 24 Sep 2024 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70529

Actions (login required)

View Item View Item