ANALISIS STRUKTURAL PADA NOVEL MAX HAVELAAR KARYA MULTATULI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA/K BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Prakoso Bima, 185030017 (2024) ANALISIS STRUKTURAL PADA NOVEL MAX HAVELAAR KARYA MULTATULI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA/K BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari struktur intrinsik yang terdapat di dalam novel yang berjudul Max Havelaar karya Multatuli dengan menganalisis dan memanfaatkan hasil analisis tersebut menjadi salah satu alternatif penyusunan bahan ajar peserta didik kelas XI SMA/K. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang mendeksriptifkan hasil analisisnya secara naratif. Sumber data dalam analisis ini yaitu buku novel Max Havelaar karya Multatuli dan beberapa buku penunjang penelitian. Adapun hasil analisis ini yaitu mengandung tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang dan tema. Secara rinci, unsur instrinsik yang terdapat pada novel Max Havelaar karya multatuli ini mempunyai tujuh tokoh, dua sebagai tokoh utama dan lima sebagai tokoh pendukung. Tiga latar yaitu latar tempat, latar waktu dan latar suasana. Memiliki plot maju dan mundur, mulai dari orientasi, pengenalan konflik, konflik, anti klimaks dan penutup. Sudut pandang orang pertama dan orang ketiga. Memiliki tema penderitaan pribumi dan perjuangan seorang Belanda yang iba melihat penderitaan pribumi dan ingin membantu memperoleh kemerdekaan. Hasil analisis ini selanjutnya disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang berisi Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI). Selain itu, disesuaikan dengan kriteria bahan ajar yang dinilai berdasarkan aspek bahasa, psikologi peserta didik, dan keterbacaan. Kemudian, hasil analisis tersebut dijadikan sebagai alternatif bahan ajar dalam bentuk LKPD yang digunakan oleh peserta didik kelas XI SMA/K dalam pembelajaran bahasa Indonesia mengenai Teks Novel. Kata Kunci: Analisis, struktur intrinsik, novel, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:58
Last Modified: 24 Sep 2024 02:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70454

Actions (login required)

View Item View Item