PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS V SD

KHAIRANI, NABILAH,205060037 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS V SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning melalui media flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilakukan dengan jenis kuasi eksperimen di kelas V SDN Cibadak 01 yang dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik yang kurang aktif serta kemampuan berpikir kritis rendah dan hasil belajar yang kurang. Karena antusias belajar yang rendah serta kurangnya keterampilan siswa dalam mengelola informasi dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Maka diperlukan pembelajaran yang menuntut pengembangan berpikir kritis sesuai dengan karakteristik belajar siswa. Sehingga penerapan model PBL yang diintegrasikan dengan media flipbook dapat mendorong berpikir kritis dan antusias belajar peserta didik. Pembelajaran menggunakan PBL melalui media flipbook terdiri dari 5 tahap yaitu: 1. orientasi masalah, 2. mengorganisasikan siswa, 3. membimbing penyelidikan, 4. menyajikan hasil kegiatan, 5. evaluasi pemecahan masalah. Adapun desain penelitian menggunakan non-equivalent control group melalui perbandingan dua kelas antara kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL melalui media flipbook memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis yang terlihat dari perbedaan rata-rata pretest di kelas VA = 45 dan rata-rata postest = 70,5. Sedangkan rata-rata pretest di kelas VB = 49,4 dan nilai postest = 85. Kemudian diperoleh besarnya pengaruh yang diberikan = 0,82 dengan interpretasi besar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan model PBL melalui media flipbook memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V. Dengan demikian, penggunaan model PBL melalui media flipbook dapat diterapkan pada pembelajaran IPA khususnya terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: problem based learning, flipbook, berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:16
Last Modified: 13 Sep 2024 06:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70086

Actions (login required)

View Item View Item