UTAMI NATASHA APRILIA, 205030111 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA MOTION GRAPHIC DI KELAS X SMK PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK (Indonesia).pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK (Inggris).pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK (Sunda).pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks negosiasi. Hal tersebut karena peserta didik kurang minat dan menganggap menulis hal yang sulit, karena merasa kebingungan dalam menentukan suatu topik dan menuangkan sebuah ide atau gagasan ke dalam sebuah tulisan. Selain itu kurang bervariasinya pendidik dalam memilih model dan media dalam proses pembelajaran. Dengan pemilihan model dan media pembelajaran yang variatif dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menilai kemampuan penulis dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan model flipped classroom berbantuan media motion graphic; mengkaji kemampuan peserta didik kelas X dalam menulis teks negosiasi menggunakan model flipped classroom dengan berbantuan media motion graphic; dan mengkaji keefektifan model flipped classroom dengan berbantuan media motion graphic dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen semu. Adapun bentuk desain penelitiannya adalah none-quivalent control group design. Data yang diperoleh, yaitu pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kontrol di kelas X SMK Pasundan 4 Bandung. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1) penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan memperoleh 3,4 untuk perencanaan pembelajaran dan 3,6 untuk pelaksanaan pembelajaran; 2) kemampuan peserta didik mengalami peningkatan hasil rata-rata kelas eksperimen untuk pretest 79,86 menjadi 92,09 untuk posttest dengan selisih peningkatan 12,23 sedangkan kelas kontrol rata-rata hasil pretest 67,63 menjadi 78,78 untuk posttest dengan selisih peningkatan 11,15; 3) keefektifan pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan model flipped classroom berbantuan media motion graphic, dibuktikan dengan hasil uji mann-whitney menunjukkan asymp.sig 0,000 < 0,05. Dengan demikian, model flipped classroom berbantuan media motion graphic dapat dijadikan pilihan model dan media pembelajaran. Kata Kunci: Menulis, Teks Negosiasi, Flipped Classroom, Motion Graphic
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 06:48 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 06:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69802 |
Actions (login required)
View Item |