PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING) BERBANTUAN MEDIA APLIKASI SEKOLAH ENUMA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas I SDN Gadis 02)

LISNAWATI, TIARA,205060078 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING) BERBANTUAN MEDIA APLIKASI SEKOLAH ENUMA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas I SDN Gadis 02). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena pertumbuhan siswa saat ini akan terus berkembang sehingga menimbulkan karakteristik siswa yang berbeda-beda menurut literasinya. Satu diantara hal yang menjadi penyebab kemampuan membaca siswa SD rendah ialah karena mereka cenderung menerima pelajaran dibandingkan berlatih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model Contextual teaching and learning berbantuan media aplikasi sekolah enuma terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN Gadis 02 Ciparay Tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu Quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I SDN Gadis 02 Ciparay. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas I A sebanyak 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas I B sebanyak 19 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan diperoleh dengan rubrik penialain kemampuan membaca permulaan yang telah divalidasi menggunakan pendapat ahli (judgment expert) yaitu oleh dua orang dosen dan satu orang guru. Hasil dari penelitian ini mendapatkan hasil pretest dengan nilai 41,16. Dan posttest dengan nilai 85,79. Maka hasil tersebut menunjukan bahwa rata-rata skor N-Gain pada kelas eksperimen meningkat 76%. Serta berdasarkan uji effect size untuk menghitung seberapa pengaruh model ini pada kelas eksperimen yaitu sangat berpengaruh hasil data effect size yang diolah yaitu sebesar 3,13 dengan kategori effect besar. Oleh karena itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model Contextual teaching and learning berbantuan media aplikasi sekolah enuma sangat berpengaruh untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas I SDN Gadis 02 Ciparay. Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Model Contextual teaching and learning, Aplikasi sekolah enuma

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:36
Last Modified: 03 Sep 2024 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69726

Actions (login required)

View Item View Item