APRILLIYA SARTIKA AYYU, 205050057 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HABITS OF MIND SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN WOLFRAM ALPHA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABTRACT.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSAKA.pdf Download (34kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika disekolah. Pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah siswa Indonesia masih tergolong rendah. Selain itu juga habits of mind siswa Indonesia masih termasuk dalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaraan konvensional, 2) Untuk mengetahui adanya pencapaian habits of mind siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) Untuk mengetahui korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan habits of mind siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Wolfram Alpha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik quasi eksperimen design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yakni kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan model Creative Problem Solving (CPS) dengan berbantuan Wolfram Alpha. Kelas eksperimen ini terdiri dari anggota kelas X IPS I. kelas X IPS III ini merupakan kelompok kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan beberapa instrumen yaitu tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal uaraian dan angket yang berupa pernyataan-pernyataan habits of mind siswa. Tekni analisis dataa menggunakan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan Creative Problem Solving (CPS) lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaraan konvensional, 2) habits of mind siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) Kemampuan pemecahan masalah dan habits of mind yang menggunakan model memilki korelasi dengan Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Wolfram Alpha. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Habits of mind, Creative Problem Solving berbantuan Wolfram Alpha
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:35 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69673 |
Actions (login required)
View Item |