Kurniawan Hananthya Firdhayanti, 205010027 (2024) “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA” (Quasi Eksperimen Peserta didik Kelas X di SMA Negeri 12 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
0. COVER DEPAN.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (945kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji hubungan sebab-akibat dari penggunaan model pembelajaran kontekstual (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 12 Bandung dengan populasi kelas X dan sampel kelas X-3 sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelompok kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian “non equivalent control group pre-test and post-test”. Masalah yang diteliti yaitu kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) dengan model problem based learning. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes tulis pretest dan postest dan non tes yaitu berupa angket. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelompok kelas eksperimen dengan kelompok kelas kontrol. Dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji one sampel t test dengan sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat diartikan bahwa dalam proses pembelajarannya penggunaan model pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X. Efektivitas pembelajaran kontekstual di SMA Negeri 12 Bandung menunjukkan kualifikasi yang baik dengan nilai diatas 3,00 hal ini berdasarkan rata-rata nilai skor jawaban responden yang artinya peserta didik secara umum menyukai pembelajaran kontekstual, karena peserta didik dapat lebih aktif berdiskusi yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Kontekstual (CTL), Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 07:17 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 07:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69657 |
Actions (login required)
View Item |