PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR (Kelas IV di SDN Budikarya Dengan Pendekatan Quasi Eksperimen)

WATI CINTA, 205060076 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR (Kelas IV di SDN Budikarya Dengan Pendekatan Quasi Eksperimen). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Cinta.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (587kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar, khususnya untuk kelas IV di SDN Budikarya. Berdasarkan observasi awal, hasil belajar IPA siswa di sekolah tersebut masih rendah, yang sebagian besar disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture dengan menggunakan media Wordwall diyakini dapat menjadi salah satu solusi untuk permasalahan ini. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk belajar secara berkelompok dengan menggunakan gambar-gambar sebagai media utama, yang dapat meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Gambaran proses pembelajaran, mengetahui perbedaan hasil belajar IPA, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan menggunakan media wordwall terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Budikarya yang berjumlah 40 orang peserta didik. Instrument di validasi oleh dua orang dosen dan satu orang guru, dan di dapatkan hasil dinyataan valid. Setelah instrumen di uji cobakan diperoleh instrumen yang tergolong rendah. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan menggunakan media wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Budikarya dikatakan termasuk kategori tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji effect size sebesar 1,800 dan termasuk kategori besar. Kata kunci : Model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and picture, Wordwall, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:45
Last Modified: 29 Aug 2024 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69639

Actions (login required)

View Item View Item