PENERAPAN METODE POSTER COMMENT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI BERBANTUAN MEDIA WORDWALL BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK PUTRA NASIONAL CIBODAS

Nisa Zesi Rahayu, 205030082 (2024) PENERAPAN METODE POSTER COMMENT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI BERBANTUAN MEDIA WORDWALL BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK PUTRA NASIONAL CIBODAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya peserta didik dalam menulis teks puisi. hal ini ditandai dengan sulitnya peserta didik menentukan ide kreatif untuk dituangkan menjadi sebuah tulisan yang baik dan menarik. Berkaitan dengan latar belakang yang sudah diuraikan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode poster comment berbantuan media wordwall dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode poster comment berbantuan media wordwall dalam menulis teks puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa metode poster comment berbantuan media wordwall dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis teks puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMK Putra Nasional Cibodas. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Berdasarkan hasil pertimbangan, ditetapkan bahwa kelas X BDP 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X PH sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu tes, non tes dan telaah pustaka. Hasil uji normalitas menunjukan bahwa data tidak berdistribusi normal dan untuk uji homogenitas menunjukan data berdistribusi homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji non parametrik dengan menggunakan uji Willcoxon dan uji Man-Whitney. Hasil perhitungan dari Test statistic dari uji wilcoxon pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sama-sama memperoleh Asymp. Sig. (2- tailed) .000 <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam menulis teks puisi. dari hasil Uji Man-Whitney pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengacu pada nilai pascates didapatkan nilai Asymp sig. (2-tiled) sebesar 0.000 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil keterampilan menulis teks puisi kelas eksperimen dengan menggunakan metode poster comment berbantuan media wordwall dan hasil belajar dari kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Kata Kunci: metode poster comment, media wordwall, menulis teks puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:33
Last Modified: 29 Aug 2024 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69637

Actions (login required)

View Item View Item