PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SD Negeri 066 Halimun Bandung)

HAFSARI, HESTI NUR RAHMA,205060095 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SD Negeri 066 Halimun Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstract.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Ringkesan.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ialah rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 066 Halimun Bandung. Penelitian mempunyai tujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) pada hasil belajar IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV di SD Negeri 066 Halimun Bandung. Pada penelitian memakai pendekatan kuantitatif desain penelitian yaitu memakai kuasi eksperimen (quasi eksperimen design) Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, kelas eksperimen dengan rata-rata skor pretest peserta didik sebesar 54,85 dengan rata-rata skor posttest peserta didik yaitu 90,77. Sedangkan kelas kontrol, rata-rata skor pretest peserta didik yaitu 54,85 dan rata-rata skor posttest peserta didik yaitu 75,92. Hasil uji perhitungan kelas eksperimen dan kelas kontrol, disimpulkan nilai posttest lebih besar dibedakan nilai pretest, artinya yaitu hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan. Peneliti memakai uji Mann-Whitney dalam mencari pengaruh model Problem Based Learning (PBL) pada hasil belajar IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV di SD Negeri 066 Halimun Bandung. Diketahui nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05, berarti ada pengaruh secara signifikan pada hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan yang ditentukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi peneliti menyimpulkan ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dari hasil belajar IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV di SD Negeri 066 Halimun Bandung.” Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:00
Last Modified: 12 Aug 2024 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69511

Actions (login required)

View Item View Item