HAFSARI, HESTI NUR RAHMA,205060095 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SD Negeri 066 Halimun Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstract.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
10. Ringkesan.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (547kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ialah rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 066 Halimun Bandung. Penelitian mempunyai tujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) pada hasil belajar IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV di SD Negeri 066 Halimun Bandung. Pada penelitian memakai pendekatan kuantitatif desain penelitian yaitu memakai kuasi eksperimen (quasi eksperimen design) Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, kelas eksperimen dengan rata-rata skor pretest peserta didik sebesar 54,85 dengan rata-rata skor posttest peserta didik yaitu 90,77. Sedangkan kelas kontrol, rata-rata skor pretest peserta didik yaitu 54,85 dan rata-rata skor posttest peserta didik yaitu 75,92. Hasil uji perhitungan kelas eksperimen dan kelas kontrol, disimpulkan nilai posttest lebih besar dibedakan nilai pretest, artinya yaitu hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan. Peneliti memakai uji Mann-Whitney dalam mencari pengaruh model Problem Based Learning (PBL) pada hasil belajar IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV di SD Negeri 066 Halimun Bandung. Diketahui nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05, berarti ada pengaruh secara signifikan pada hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan yang ditentukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi peneliti menyimpulkan ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dari hasil belajar IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV di SD Negeri 066 Halimun Bandung.” Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:00 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 03:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69511 |
Actions (login required)
View Item |