BILQIS FRIDA, 205020065 (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER .pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN FRIDA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK FRIDA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran reward dan punishment pada kelas eksperimen, apakah terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol, serta peningkatan signifikan motivasi belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran reward dan punishment pada kelas eksperimen dan metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI TSM C sebagai kelas eksperimen dan XI TSM D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan instrumen tes, lembar observasi dan studi dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar sebelum menggunakan metode pembelajaran reward dan punishment sebesar 43,39 dan sesudah menggunakan metode pembelajaran reward dan punishment sebesar 63,53. Kelompok kontrol sebelum menggunakan metode pembelajaran metode ceramah sebesar 37,11 dan sesudah menggunakan metode pembelajaran metode ceramah sebesar 49,33. Adapun peningkatan yang diperoleh motivasi belajar kelompok eksperimen dengan mean 20,14 lebih dari peningkatan motivasi belajar kelompok kontrol 12,22. Maka, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran reward dan punishment dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada beberapa pihak yang terkait yaitu diharapkan hasil penelitian memberikan gambaran untuk menerapkan metode pembelajaran reward dan punishment karena mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Reward, Punishment, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:43 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 04:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69484 |
Actions (login required)
View Item |