PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 1 KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL

PURNAMASARI CICI, 205030090 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 1 KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya peserta didik dalam memahami bahan ajar yang memiliki kalimat kompleks. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia Kelas X, khususnya bab 1 teks laporan hasil observasi berdasarkan indeks kepadatan leksikal. Metode yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan teknik pengumpulan data primer dari bahan ajar Bahasa Indonesia kelas X dan data sekunder dari observasi, angket, dan dokumentasi kelas X-5 di SMA Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini menggunakan teori Halliday (1985) untuk menghitung indeks kepadatan leksikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepadatan leksikal pada bahan ajar orisinal sebesar 8,1 (sangat tinggi). Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan menyederhanakan kalimat, sehingga menurunkan indeks kepadatan leksikal menjadi 6,4 (sedang). Setelah dilakukan pengembangan bahan ajar, peserta didik lebih memahami bahan ajar yang telah dikembangkan dibandingkan bahan ajar orisinal. Hal ini diperkuat dengan adanya nilai rata-rata pretestsebesar 62,5 dan mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata posttest menjadi 81,5. Selain itu, hasil angket menunjukan 40% peserta didik memahami bahan ajar sebelum dikembangkan dan 60% tidak memahaminya, serta diperkuat juga dengan hasil validasi tenaga pendidik yang menyatakan bahwa bahan ajar versi pengembangan layak digunakan. Dengan demikian, pengembangan bahan ajar berdasarkan indeks kepadatan leksikal berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Bahan ajar, indeks kepadatan leksikal, teks laporan hasil observasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:48
Last Modified: 05 Aug 2024 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69464

Actions (login required)

View Item View Item