TRI SUCI ICA CAHYA, 205050028 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN WIZER.ME. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
9. Ringkesan.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (860kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik tergolong dalam kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan Wizer.me dibanding peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa, 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan Wizer.me dibanding peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa, 3) resiliensi matematis peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan Wizer.me dibanding peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa, 4) korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan resiliensi matematis peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan Wizer.me. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 60 orang dimana 30 peserta didik kelas X-1 yang memperoleh model PBL berbantuan Wizer.me dan 30 peserta didik X-3 yang memperoleh pembelajaran biasa di SMA Negeri 27 Bandung tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes untuk meneliti kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan instrumen non tes untuk mengetahui skala resiliensi matematis peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan Microsoft Excel 2010 dan SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, didapatkan kesimpulan: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan Wizer.me lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa. 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan Wizer.me lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa. 3) Resiliensi matematis peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan Wizer.me lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa. 4) Terdapat korelasi negatif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan resiliensi matematis peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan Wizer.me. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Resiliensi Matematis, Model Problem-Based Learning, Wizer.me
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69449 |
Actions (login required)
View Item |