Ardika Dila, 205030076 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL YANG BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MODEL MOODY BERBANTUAN APLIKASI POWTOON PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 35 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari dari pemilihan model dan media yang kurang kreatif dan inovatif pada pembelajaran menulis teks fabel sehingga peserta didik merasa bosan dan sulit dalam kegiatan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran menulis teks fabel dengan model moody berbantuan aplikasi powtoon pada peserta didik kelas VII SMPN 35 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi eksperimen dan desain true eksperimental pretest-posttest control grup design, dan subjek penelitian terdiri dari 2 kelas. Hasil penelitian menunjukan 1) penulis mampu merencanakan dan melaksankan pembelajaran menulis teks fabel, dibuktikan skor yang diperoleh sebesar 3,55 dan 3,54 dengan kategori sangat baik, 2) kemampuan peserta didik sebelum mendapatkan perlakuan belum mencapai kriteria ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan total rata-rata yang diperoleh sebesar 57,15, 3) kemampuan peserta didik sesudah mendapatkan perlakuan menggunakan model moody berbantuan aplikasi powtoon menglami peningkatan yang signifikan dengan dibuktikan hasil uji Wilcoxon menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05, 4) model moody berbantuan aplikasi powtoon efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks fabel dengan dibuktikan pemerolehan nilai uji maan whitney menunjukan nilai Asymp. Sig (2 tailed) yakni 0,00, < 0,05., yang artinya model moody berbantuan aplikasi powtoon lebih efektif digunakan dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata kunci: Pembelajaran menulis teks fabel, model moody, media pembelajaran powtoon
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:57 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69344 |
Actions (login required)
View Item |