ANGGRAINI, SALWA REGINA (2024) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SDN 113 BANJARSARI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
10. RINGKESAN.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text
17 . BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini ialah masih terdapat hasil belajar peserta didik yang belum memuaskan di SDN 113 Banjarsari. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan Canva terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN 113 Banjarsari pada kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain quasi-eksperimen pretest-posstest control group. Studi ini dilakukan pada dua kelas 33 peserta didik di kelas 4 C sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik di kelas 4 D sebagai kelas kontrol. Tes, observasi, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data. Pretest dan posttest diberikan untuk mengevaluasi hasil belajar. Teknik sampling yang digunakan ialah teknik sampel purposif yang dimana pada teknik ini dari masih-masing kelas akan diambil 60% dari jumlah peserta didik tiap kelompok kelas. Hasil penelitian menunjukkan mean pretest kelas eksperimen yaitu 46.6600 dan kelas kontrol 46.6600. Mean posttest kelas eksperimen 82.9965 dan kelas kontrol 75.6610. Pengujian Mann-Whitney U menunjukkan hasil bahwa nilai Asymp sig.(2-tailed) bernilai signifikansi 0.028 < 0.05, hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar setelah menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan Canva. Sedangkan untuk hasil effect size, memiliki nilai d 0.1532 termasuk ke dalam kategori sangat besar sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan Canva terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila Peserta Didik kelas IV berpengaruh sangat besar. Kedua kedua kelas tersebut diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan Canva dan kelas kontrol menggunakan pendekatan deduktif. Ternyata hasil belajar yang didapatkan antara dua kelas berbeda, dikarenakan penggunaan pendekatan yang digunakan pada setiap kelas memiliki kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Canva, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 03:30 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 03:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69329 |
Actions (login required)
View Item |