RIA WINE DWI, 205060060 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (719kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya pencapaian hasil belajar matematika peserta didik karena kesulitan membedakan dan mengenali bangun datar, serta kebosanan akibat pembelajaran yang berpusat pada guru. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran menawarkan inovasi dan aksesibilitas yang lebih besar. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eskperiment dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas III SDN 151 Sukasenang, Bandung dengan 31 peserta didik kelas III A (kontrol) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan 28 peserta didik kelas III B (eksperimen) dengan menggunakan model pembelajaran problem-based learning berbantuan aplikasi Wordwall. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah bentuk uji soal pretest, posttest, lembar observasi dan dianalisis dengan Uji NGain, uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann Whitney, dan uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah antara kelas kontrol dan eksperimen dengan hasil penelitian yaitu 37% dengan kategori kurang efektif, namun terdapat pengaruh besar pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan aplikasi Wordwall yaitu dengan hasil dari hasil uji Mann Whitney yaitu 0.001 0.05 yang berarti h ditolak dan uji Effect Size yaitu 0.962 0.5 dengan effect besar. Kata Kunci: problem-based learning, kemampuan pemecahan masalah matetika, wordwall, peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 08:08 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69317 |
Actions (login required)
View Item |