KUSUMAWATI AJENG PUSPA, 175030079 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN CERPEN MENGGUNAKAN MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION (ARIAS) DENGAN MODA DARING GOOGLEMEET PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 40 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Pengesahan Penguji.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrac.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
9. Ringkesan.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (516kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan dalam keterampilan menulis. Permasalahan tersebut terjadi pada peserta didik yang kesuliatan saat mengungkapkan isi pikirannya kedalam sebuah tulisan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanankan,dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks ulasan cerpen menggunakan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (ARIAS); mengetahui kemampuan peserta didik pada kelas eksperimen dalam menulis teks ulasan cerpen dengan menggunakan model ARIAS dibandingkan dengan kelas kontrol Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain; telaah pustaka, uji coba, tes, dan observasi. Adapaun hasil penelitian, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,8 yang berkategorikan sangat baik dan melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,65 berkategorikan sangat baik. Kemampuan dan hasil peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai pretes yang diperoleh sebesar 52,5 dan hasil rata-rata postes sebesar 80,5. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol dengan melihat dari hasil Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan signifikasi 0,003, karena nilai signifikasi tersebut kurang dari 0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Kata kunci: Menulis, teks ulasan cerpen,ARIAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:40 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69278 |
Actions (login required)
View Item |