SYAUQIAH, QOTRUN NADA (2023) POLA KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK MENGENAI MOTIVASI BELAJAR ANAK SDN CIWANGI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Cover (2).pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (3).pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (2).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi (2).pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka (3).pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar (2).pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak (2).pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pola Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak SDN Ciwangi Mengenai Motivasi Belajar “. Permasalahan pokok yang dibahas dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mind orang tua dan anak mengenai motivasi belajar anak, 2) Bagaimana self orang tua mengenai motivasi belajar anak, 3) Bagaimana society orang tua mengenai movivasi belajar anak. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah orang tua anak SDN Ciwangi dan sebagai objeknya adalah pola komunikasi orang tua anak SDN Ciwangi mengenai motivasi belajar anak. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan informan ahli dan informan inti. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan diperoleh hasil bahwa mind orang tua dan anak mengenai motivasi belajar anak adalah motivasi belajar anak akan tumbuh dan berkembang apabila saat komunikasi dengan anak orang tua menggunakan bahasa atau symbol yang sopan, santun, lemah lembut, dan mudah dimengerti oleh anak, dan apabila anak melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja hindari memberikan hukuman kepada anak agar anak tumbuh rasa percaya diri dan anak merasa diberi kesempatan untuk memperbaikinya., Self orang tua mengenai motivasi belajar, anak akan merasa percaya diri apabila orang tua menyadari bahwa setiap anak memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Untuk menumbuhkan motivasi belajar anak, orang tua harus memberikan keteladanan dan pembiasaan yang baik bagi anak-anak, berikan dukungan yang penuh baik moril maupun material kepada anak untuk selalu memiliki semangat belajar yang tinggi dan membantu mengatasi masalah belajar yang dihadapinya dan society orang tua mengenai movivasi belajar anak, lingkungan sekitar anak dapat mempengaruhi motivasi belajar dan perilaku anak. Agar motivasi belajar anak tetap terjaga diperlukan peranan orang tua dalam memberikan pengawasan dan edukasi cara bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, mendampingi anak dalam berbagai kegiatan dan membantu memberi sosuli ketika anak mengalami masalah. Kata kunci: Motivasi belajar, Mind, Self, Society
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 27 Apr 2024 06:50 |
Last Modified: | 27 Apr 2024 06:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68955 |
Actions (login required)
View Item |