Dampak Islamophobia terhadap Hak Kewarganegaraan Imigran Pakistan melalui Perubahan Undang-Undang Kewarganegaraan India (Citizenship Amendment Act 2019)

Ramadhani, Alvito Rafiqna (2024) Dampak Islamophobia terhadap Hak Kewarganegaraan Imigran Pakistan melalui Perubahan Undang-Undang Kewarganegaraan India (Citizenship Amendment Act 2019). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Kata Pengantar.docx

Download (15kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (133kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (82kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (68kB)

Abstract

Kebijakan undang-undang kewarganegaraan India atau The Citizenship Act merupakan sebuah undang-undang yang mengatur mengenai pemberian status kewarganegaraan India terhadap imigran dan untuk menangani imigran ilegal yang memasuki wilayah India. Kebijakan tersebut pertama kali diperkenalkan pada tahun 1955 dan beberapa kali telah mengalami amandemen yang terakhir kali dilakukan pada tahun 2019. Amandemen yang dilakukan pada tahun 2019 tersebut menuai kontroversi karena isi kebijakan undang-undang kewarganegaraan tersebut telah melakukan diskriminasi terhadap imigran muslim yang berasal dari Afghanistan, Bangladesh, dan Pakistan. Berlakunya kebijakan tersebut tidak lepas dari adanya Islamophobia yang memiliki pengaruh baik itu secara historis yang berkaitan dengan peristiwa pemisahan India-Pakistan pada tahun 1947 maupun secara sosial yang terjadi karena adanya pengaruh Hindutva dalam pemerintahan India seperti Partai BJP dan Narendra Modi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang terjadinya diskriminasi terhadap imigran Pakistan dalam dinamika masyarakat sosial di India, untuk menganalisa isi kebijakan amandemen undang-undang kewarganegaraan India 2019 atau Citizenship Amendment Act 2019, dan untuk mengkaji dampak kebijakan Citizenship Amendment Act 2019 terhadap hak kewarganegaraan imigran Pakistan di India. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah metode kualitatif, yaitu penelitian yang datanya diperoleh dari penelitian terdahulu seperti jurnal, buku, dan dokumen negara. Penelitian ini menggunakan metode penggunaan data dengan studi literatur dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian kali ini adalah Islamophobia telah berdampak pada hak kewarganegaraan imigran Pakistan di India melalui perubahan undang-undang kewarganegaraan 2019 atau Citizenship Amendment Act 2019. Dampak yang terjadi terhadap hak kewarganegaraan imigran Pakistan tersebut telah merugikan imigran Pakistan di berbagai sektor kehidupan. Kata kunci: Citizenship Amendment Act 2019, Islamophobia, imigran muslim Pakistan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 16 Apr 2024 04:12
Last Modified: 16 Apr 2024 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68767

Actions (login required)

View Item View Item