PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

AJENG MITA SUCIYATI, 115060107 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER FIX.docx

Download (113kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
Moto dan Persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (15kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciparay 6 Desa Ciparay Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 49 orang. Penelitian ini dilakukan atas dasar proses pelaksanaan pembelajaran yang bersifat satu arah, membosankan dan membuat pembelajaran kurang bermakna. Berdasarkan observasi awal saat proses pembelajaran PKn yang dilaksanakan dikelas kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam memproses pengetahuaannya sehingga hasil belajarpun tidak sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang masih bersifat satu arah, kurang kreatif, dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn melalui pendekatan konstruktivisme, guru dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan dalam menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus dan meliputi empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi atau pengamatan, dan refleksi dengan tujuan memperbaiki kualitas proses pelaksanaan pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dapat diperoleh data yang menunjukan adanya peningkatan kerjasama dalam kriteria baik, cukup, dan kurang. Pada siklus I kenaikan terlihat pada kriteria cukup, dimana dalam kriteria baik ada 11 atau 22%, kriteria cukup ada 21 orang atau 43%, dan kriteria kurang ada 17 orang atau 35%, sedangkan pada siklus II terlihat sangat jelas kenaikan terjadi pada kriteria baik yaitu 41 orang atau 84%, kriteria cukup ada 7 orang atau 14%, dan kriteria kurang ada 1 orang atau 2%. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini dapat direkomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi strategi pembelajaran dalam melaksanakan pembelajaran PKn maupun dalam pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Discovery Learning, Kerjasama dan Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jul 2016 18:12
Last Modified: 28 Jul 2016 18:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6871

Actions (login required)

View Item View Item