STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH KREATIF BUMN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Rumah Kreatif BUMN di Kota Bandung)

Fasya, Shelvia Alviannisha (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH KREATIF BUMN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Rumah Kreatif BUMN di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Abstrak 3 bahasa.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Kreatif BUMN Dalam Upaya Pengembangan UMKM di Kota Bandung”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Kreatif BUMN di Kota Bandung menggunakan teori komunikasi pemasaran modern Mahmud Machfoedz dengan melihat strategi komunikasi pemasaran yang terbagi kedalam empat tahap yakni target sasaran, pemilihan media, pemilihan pesan, dan promotional mix. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah tujuh orang yang terdiri dari satu informan ahli, lima informan pendukung, dan satu informan akademisi. Hasil penelitian menunjukan target sasarannya adalah di semua kalangan seperti ibu rumah tangga, pekerja kantoran, pengusaha dan juga mahasiswa. Pemilihan media yakni media sosial Instagram dan Tiktok, pemilihan pesan bersifat informatif dan emosional, serta promotional mix berupa iklan ads dan juga promosi melalui sosial media lainnya, personal selling oleh pekerja atau karyawan Rumah Kreatif BUMN Bandung dan word of mouth, promosi penjualan dengan memberikan tawaran menarik pelatihan gratis, serta humas menjalin relasi dan mengadakan event kerja sama. Saran untuk kedepannya, diperlukan poster promo terbaru agar khalayak tidak merasa bosan, menyiapkan konten tambahan sebagai cadangan untuk mengubah beberapa isi konten, diperlukan staff khusus media sosial pengurusan konten Instagram dan juga Tiktok sehingga konten dapat di upload sesuai jadwal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:51
Last Modified: 03 Apr 2024 02:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68660

Actions (login required)

View Item View Item