PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN

PUTRI AJENG WIANY, 195060113 (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ciluluk 02 di Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa sehingga siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti memfokuskan penelitian mengenai penggunaan media Prezi dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media Prezi untuk meningkatkan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN Ciluluk 02. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data hasil berpikir kritis. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media Prezi dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media Powerpoint. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis independent sample ttest, dan effect size dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran Prezi terhadap peningkatan berpikir kritis siswa kelas IV pada muatan pembelajaran IPAS materi bagian tubuh tumbuhan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menggunakan uji t dengan nilai 0,000 < 0, 05. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media Prezi berpengaruh terhadap peningkatan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ciluluk 02 sebesar 1,44 yang berkategori kuat. Kata Kunci: Media Pembelajaran Prezi, Berpikir Kritis, IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:49
Last Modified: 02 Apr 2024 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68651

Actions (login required)

View Item View Item