PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA

RENI JUWITA, 115060008 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER RENI.docx

Download (38kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA KESELURUHAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa peserta didik kelas V masih banyak yang kurang semangat dan cenderung diam ketika pembelajaran IPS. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang kurang memuaskan di bawah KKM 70. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran Picture and Picture tentang materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru menerapkan strategi pembelajaran yang tetap. Subjek tindakan adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kebon Gedang 02 yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, tes, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang berdampak langsung pada prestasi belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kebon Gedang 02. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang ada peningkatan. Pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat sebanyak 67,86% dari hasil awal 39,28%. Pada siklus II data hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 28,60% Hal ini dikarenakan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat dijadikan suatu alternatif pemecahan masalah pembelajaran, karena model pembelajaran ini mengutamakan gambar untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap-tahap yang melatih kemampuan peserta didik. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture berhasil ditingkatkan . Kata kunci: Picture and Picture , Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jul 2016 14:13
Last Modified: 28 Jul 2016 14:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6837

Actions (login required)

View Item View Item