EFEKTIVITAS MEDIA BLOK DIENES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG NILAI TEMPAT BILANGAN BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN BABAKAN BANDUNG KOTA SUKABUMI

Nugraha Putri Aliffia Syafira, 195060029 (2024) EFEKTIVITAS MEDIA BLOK DIENES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG NILAI TEMPAT BILANGAN BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN BABAKAN BANDUNG KOTA SUKABUMI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan alat yang membantu kita semua dalam memahami ilmu pengetahuan lain. Media pembelajaran blok dienes merupakan suatu konsep pemahaman materi kepada siswa agar siswa dapat lebih aktif dan kreatif yang akhirnya mampu meningkatkan kemampuan anak dalam belajar yang berdasar pada teori Pieget dan pengembangannya diorientasikan pada anak dengan sedemikian rupa sehingga sistem yang dikembangkan disini dapat menarik minat anak mempelajari matematika. Merujuk terhadap karakter anak slow learner yang mengalami kesulitan memahami materi nilai tempat bilangan maka anak slow learner membutuhkan media pembelajaran yang konkret yaitu media Blok Dienes pada materi nilai tempat. .Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghitung siswa slow learner pada materi nilai tempat dengan menggunakan media Blok Dienes dan mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan media Blok Dienes dengan hasil belajar siswa menggunakan media konvesional. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, uji effect size dan uji N Gain. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IA sebagai kelas eksperimen dan kelas IB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan media Blok Dienes dengan kelas yang menggunakan media konvensional didasarkan pada hasil uji independent sample t test dihasilkan nilai signifikansi 0,012 < 0,05. Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran menggunakan media Bok Dienes terhadap kemampuan menghitung siswa kelas 1 SDN Babakan Bandung berdasarkan hasil uji effect size diperoleh nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 75.8120 dan kelas kontrol sebesar 59.5926 dan menunjukkan bahwa perolehan effect size sebesar 1,115 maka termasuk dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Media Blok Dienes, Kemampuan Menghitung, Anak Slow Learner.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Mar 2024 08:39
Last Modified: 19 Mar 2024 08:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68233

Actions (login required)

View Item View Item