PENERAPAN METODE SEMINAR SOCRATES PADA PEMBELAJARAN MATERI ANIMALIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK

El-Fairus, Shabrina Tanzaliq Shiami,185040038 (2024) PENERAPAN METODE SEMINAR SOCRATES PADA PEMBELAJARAN MATERI ANIMALIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB IV.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Di dalam pendidikan abad 21, upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau biasa dikenal sebagai kemampuan kognitif dan keterlibatan peserta didik di dalam kelas dapat dilakukan dengan berbagai macam metode pembelajaran, salah satunya adalah seminar Socrates. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode seminar Socrates pada peningkatan kemampuan kognitif peserta didik dan keterampilan berkomunikasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yaitu One-Group Pretest-Posttest design dan desain penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan berkomunikasi yaitu oneshot case study. Populasi dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Islam Tarbiyyatul Falah. Setelah mendapatkan nilai pre-test dan post-test pada saat pembelajaran materi Animalia, dilakukan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Z dengan keterangan Z tabel (-1.96) > Z hitung (-6.87). Pada saat pemberian perlakuan seminar Socrates, dilakukan juga observasi oleh guru berdasarkan rubrik yang telah ditentukan dengan hasil yang baik. Maka dari itu, hasilnya menunjukkan kemampuan kognitif peserta didik mengalami peningkatan dan peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran dalam hal mendengarkan, berbicara, dan menganalisis sebuah pertanyaan atau pernyataan yang dilontarkan guru maupun temannya. Kata Kunci: Seminar Socrates, Kemampuan Kognitif, Keterampilan Berkomunikasi, Animalia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:50
Last Modified: 08 Mar 2024 08:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68161

Actions (login required)

View Item View Item