MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING

SARAH SITI MAESAROH, 105060292 (2016) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
[1] COVER SKRIPSI - SARAH SM - 105060292.docx

Download (38kB)
[img] Text
[2] LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
[3] LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
[4] MOTTO DAN LEMBAR PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
[5] ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
[6] KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
[7] DAFTAR ISI - DAFTAR LAMPIRAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
[8] BAB I - SARAH SM 105060292.docx

Download (37kB)
[img] Text
[9] BAB II - SARAH SM 105060292.docx

Download (66kB)
[img] Text
[10] BAB III - SARAH SM 105060292.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
[11] BAB IV - SARAH SM 105060292.docx
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
[12] BAB V - SARAH SM 105060292.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
[13] DAFTAR PUSTAKA SARAH SM - 105060292.docx

Download (21kB)
[img] Text
[18] RIWAYAT HIDUP PENELITI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)

Abstract

Berdasarkan hasil dari temuan penelitian dan observasi awal selama mengajar di kelas IV B SDN Cirateun Kulon Kota Bandung. Permasalahan dalam pembelajaran pada materi keberagaman budaya Indonesia yang terjadi di kelas IV B SDN Cirateun Kulon adalah kurangnya pemahaman konsep siswa tentang keberagaman budaya Indonesia di sekolah ini, hal ini dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model discovery learning belum pernah dilaksanakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba agar proses belajar mengajar didesain sedemikian rupa dan membutuhkan strategi atau pendekatan yang sesuai dengan perkembangan usia anak. Pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning menjadikan siswa lebih paham, karena mendapat pengalaman langsung dari proses pembelajaran dan mengalami sendiri proses menemukannya. Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengacu kepada model Hopkins yang meliputi empat langkah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan model discovery learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu 1. Stimulasi, 2. Identifikasi Masalah, 3. Pengumpulan Data, 4. Pengolahan Data, 5. Pembuktian, 6. Menarik Kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan pedoman observasi dan lembar tes. Pada proses pembelajaran kesatu, guru menemukan kesulitan yakni kurangnya menerapkan strategi yang diajarkan. Ini terbukti berdasarkan hasil tes siswa di pra tindakan yang tuntas hanya 22% dari 27 orang siswa. Hasil penelitian pemahaman konsep siswa tentang keberagaman budaya Indonesia siklus I mendapatkan rata-rata 70,37% dan meningkat pada siklus II mendapatkan rata-rata 88,89%. Dari data tersebut dapat disimpulkan melalui penerapan model discovery learning dalam pembelajaran tematik sangat efektif dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang keberagaman budaya Indonesia. Dengan demikian, penerapan model discovery learning dapat dijadikan satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik dan dapat menambah keilmuan dan diharap bermanfaat bagi guru, siswa dan lembaga. Kata Kunci: discovery learning, pemahaman konsep

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Jul 2016 18:05
Last Modified: 27 Jul 2016 18:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6816

Actions (login required)

View Item View Item