PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS DAN BERHITUNG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

DEWI ASMIRA, 105060015 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS DAN BERHITUNG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER nama di bawah FIX.docx

Download (113kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
MOTTO dan persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.docx

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV versi 2 2003.doc
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.docx

Download (24kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Tujan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa khususnya dalam menulis dan berhitung melalui model project based learning. Latar belakang penelitian masih belum memuaskan. Dibuktikan oleh hasil observasi sebanyak 35 siswa hanya 14 orang yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal 2,66 atau 40% yang mengalami ketuntasan dalam pembelajaran. Selain itu, aktivitas siswa juga masih kurang efektif. jadi, rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu bagaimana penerapan model project based learning dapat meningkatkan keterampilan siswa di kelas IV SDN Candra tahun pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning dalam meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN Candra. Penelitian di lakukan di kelas IV SDN Candra dengan jumlah siswa 35 orang. Pelaksanaannya dilakukan 2 siklus yaitu dalam tiap siklus tahapannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari siklus I yaitu tingkat prestasi siswa rata-rata 3 dimana terdapat 25 siswa yang nilainya di atas kriteria ketuntasan minimal 2,66, atau 70% yang mengalami ketuntasan dalam belajar. Sedangkan hasil analisis siklus II tingkat prestasi siswa rata-rata 3,66, atau 90,7% siswa mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal meskipun masih banyak yang nilainya tetap. Selain itu, tingkat pemahaman keterampilan siswa pada siklus I dan II mencapai 91% atau memiliki kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa guru dapat menerapkan model project based learning dalam pembelajaran tematik, model project based learning memberikan dampak positif terhadap kemampuan dan keterampilan siswa. Kata Kunci : Ketuntasan, Keterampilan menulis dan berhitung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Jul 2016 15:45
Last Modified: 27 Jul 2016 15:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6809

Actions (login required)

View Item View Item