PERANCANGAAN MEDIA EDUKASI “AYO PINTAR MPASI!” OLEH PUSKESMAS CISARUA, KABUPATEN BANDUNG BARAT. HANA SHOFIA ANDRIANTI:196010007

HANA SHOFIA ANDRIANTI, Nichi Hana Karlina, M. Ds. (2024) PERANCANGAAN MEDIA EDUKASI “AYO PINTAR MPASI!” OLEH PUSKESMAS CISARUA, KABUPATEN BANDUNG BARAT. HANA SHOFIA ANDRIANTI:196010007. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
Awal.docx

Download (108kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (45kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (205kB)
[img] Text
Bab III.docx

Download (2MB)
[img] Text
Bab IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Bab V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (16kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Tugas Akhir Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Seni dan Sastra Universitas Pasundan Bandung. Kurangnya pengetahuan mengenai makanan pendamping ASI pada orang tua di Kabupaten Bandung Barat menjadi suatu permasalahan yang cukup sering dibahas. Hal ini jika dibiarkan akan menjadi satu hal yang berdampak sangat buruk kedepannya karena menyangkut keberlangsungan hidup seseorang. Fasilitas pendukung media yang dimiliki oleh puskesmas kurang memadai sehinga orang tua hanya belajar melalui obrolan santai dan singkat ketika penimbangan berat badan bayi. Perancangan media edukasi untuk orang tua ini bertujuan untuk memberi ilmu pengetahuan seputar makanan pendamping ASI agar orang tua memahami seberapa pentingnya asupan gizi pada anak dalam 1000 hari pertama kehidupannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan juga kuantitatif. Dalam menentukan sampel metode yang digunakan merupakan metode kualitatif, selain itu metode kuantitatif dilakukan dalam menentukan data persentase seperti angka gizi buruk dan penyakit pada daerah Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini juga didukung oleh studi literatur, observasi lapangan berupa wawancara kepada narasumber yang disertai ole dokumentasi, serta kuisioner. Berdasarkan data serta penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil yaitu memberikan edukasi berupa seminar dan workshop yang nantinya membahas seputar materi terkait yang banyak terjadi kesalahan di lapangan. Media yang dihasilkan adalah berupa media presentasi, yang didalamnya membahas tentang materi seminar. Lalu ada poster dan undangan digital, postingan Instagram, leaflet, flipchart, dan media pendukung lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2024
Depositing User: mr FISS-Oman -
Date Deposited: 15 Feb 2024 04:10
Last Modified: 15 Feb 2024 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68002

Actions (login required)

View Item View Item